#ReviewSukasuka Imperfect, berdamai dengan insecure..

19039500

 

Biasanya pergantian tahun baru kami malas keluar. Selain karena macetnya, rasa-rasanya kami lebih cepat ngantuk sekarang (apakah itu umur? πŸ˜† ). Lalu tiba-tiba sepulang kantor bu bos ngasih tiket nonton yang exp. nya hari itu juga. Karena sayang, berangkatlah kami untuk nonton. Film yang kami nonton, judulnya Imperfect, film Indonesia yang diambil dari adaptasi novel dengan judul yang sama. Saya sudah baca novelnya, cuman katanya filmnya bagus, dan saya tidak menyesal. Ceritanya ringan, mengangkat cerita yang akhir-akhir ini sering dibahas, tentang insecure & body shamming. Adalah Rara (yang diperankan oleh Jessica Mila), seorang wanita karir yang bekerja di bisnis kecantikan. Rara bertubuh gemuk, dengan rambut panjang ikal dan berpenampilan biasa aja. Berbeda dengan orang-orang di rumahnya ( ibu & adiknya) yang bertubuh ideal dan memperhatikan penampilan. Meski sering dinasehati untuk diet atau mengurangi makan karena lemak yang sudah kemana-mana, Rara ga ambil pusing. Toh, pacarnya, Dika (yang diperankan oleh Reza Rahardian) tidak pernah komplen, bahkan merasa fine-fine saja karena walaupun bertubuh gemuk, Rara merupakan orang yang baik, smart & mau mendedikasikan waktunya untuk mengajar anak-anak yang kurang mampu. Rara mulai merasa insecure ketika jabatan yang seharusnya bisa dipegang oleh Rara, rencananya akan dipegang oleh orang lain karena didunia kerjanya, menjadi smart saja tidak cukup tapi harus didukung dengan penampilan yang menarik pula. Merasa tidak rela, Rara mengajukan waktu sebulan kepada atasannya untuk mengubah penampilannya agar posisi manajer dapat dipegang olehnya. Ga kebayang kalau saya disuruh nurunin berat badan dalam sebulan sedangkan gorengan selalu terpampang nyata di meja tiap hari πŸ˜†

Singkat cerita, dietlah Rara dengan memakan sayur-sayuran & juga olahraga. Tepat sebulan, Rara berubah menjadi Rara yang baru, lebih kurus, rambut lurus terurai & berpenampilan menarik. Sukes dong Rara dengan semua janjinya untuk tampil beda, jabatan manajer pun akhirnya jatuh ke Rara. Tapi ternyata itu cuman awalnya. Karena setelah itu, Rara berubah. Sikapnya ke orang-orangΒ  juga berubah. Rara lebih insecure, kekhawatirannya akan penampilan terlalu besar, mulai menyuruh sahabat & pacarnya untuk mengubah penampilan & gaya hidupnya. Hubungannya dengan Dika pun merenggang.

Terus terang, waktu tahu kalo double chin Rara ini asli, saya agak melongo karena ternyata Jessica Mila benar-benar menaikkan berat badannya sampai 10kg,Β  masalah insecure & body shamming ini juga banyak terjadi sekarang. “eh, lo gendutan deh kayanya, hamil? (padahal dia belum nikah) atau “hitam banget sih lo sekarang, makanya perawatan” (padahal orangnya emang baru pulang mantai). Beberapa orang sanggup untuk masa bodoh dengan omongan basa-basi itu, tapi sisanya, bisa saja jadi beban pikiran yang ujung-ujungnya orang itu jadi merasa ga percaya diri, bahkan cenderung menarik diri dari pergaulan 😦 . Ernest & Meira menurut saya sangat baik mengemas film ini, sisi keluarganya dapat ( i like hubungan Dika & emaknya, so real), sisi komedinya dapat banget (setuju ga kalo anak kos emaknya Dika ini, bikin sakit perut kalau udah pada ngobrol πŸ˜† ), hubungan dengan rekan kerjanya juga, yah..memang ada sih orang-orang seperti itu di dunia kerja.

Dari bukunya, Meira menulis untuk lebih berdamai dengan diri sendiri, embrace your self. Dibilangin gendut, kalo emang gendut yaudah, tapi jika memang gendut membuatmu jadi ga nyaman (mudah capek, badan terasa berat, mudah sakit) mungkin harus olahraga tanpa memikirkan omongan orang lain, tapi pikirlah untuk kebaikan diri sendiri. Jerawatan? kalau memang kita malas merawat kulit, itulah konsekuensinya. Atau sudah pakai macam-macam krim & perawatan tapi masih jerawatan, mungkin ada yang salah dengan apa yang kita makan (been there #pukpukdirisendiri ). Tapi kalo ada yang mulutnya nyinyir macam “lo kan udah pake skincare mahal-mahal, kok masih jerawatan sih? makanya pakai yang biasa aja” mungkin bisa dijawab dengan ” pakai yang mahal aja muka gue masih gini, untung gue kaya” BWAHAHAHAHHAA 😎 . Yuk, mulai berdamai dengan diri kita, lebih menerima apa adanya & stop body shaming karena cantik & langsing itu belum tentu bahagia. Cheers!

WhatsApp Image 2020-02-03 at 10.43.07 AM

PS: postingan ini dibuat ketika berada dalam perjalanan CGK – SBY & dipostingan seminggu kemudian πŸ’‘ πŸ˜›

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s