Hiip Academy #1, ketika Consistensy is the key..

“ibu mau kantor?” tanya plincess, anak saya yang berumur 3 tahun

“tidak nak, ibu mau keluar sebentar ya” jawabku

“ibu mau ke kantor kah?” tanyanya lagi, ga puas sama jawabanku

“tidak nak, ibu ada acara diluar, kalo rara mau ikut, boleh antar ibu ke stasiun ya” jawabku disambut teriakan horee..

Sebagai emak-emak kantoran, memang sangat jarang saya keluar rumah dengan pakaian semi rapi pada saat weekend, pagi-pagi lagi. Biasanya weekend pagi saya menonton tv dengan anak, atau beresin rumah. Cuman gegara worshop yang diadakan oleh Hiip Academy, saya jadi penasaran, judul workshopnya sendiri “Β How to Build Your Blog Professionally”. Saya seorang blogger coret sih, sudah ngeblog dari jaman akhir kuliah, gegara melihat blog raditya dika waktu itu, saya jadi kepingin juga punya blog. Cuma karena semakin banyaknya aktifitas, blog saya ini jarang dicoret-coretin. Yang bikin saya tertarik, SATU, salah satu nara sumbernya adalah blogger favorit saya, mas arievrahman , DUA, kali aja sesudah ikut workshop ini saya bisa ngeblog secara konsisten, ga setahun nongol, setahun ga *lhaaa* πŸ˜› , TIGA, saya lagi bosan dengan rutinitas tiap hari menghitung uang di excel yang nilainya bisa buat beli banyak property di kawasan jakarta selatan *ya iyalaahh ngitung duit kantor hahahahaa* πŸ˜† Acaranya sendiri berlangsung di Gedung Cohive 101, di kawasan Mega Kuningan, pukul 10 pagi – 15.30 sore.

DSCF3878.JPG

sebelum masuk, registrasi ulang dulu

Lalu acara sendiri bagaimana?

Acara dimulai tepat puluh 10 pagi, Mba Almazia Pratita membuka acaranya dengan penjelasan mengenai Hiip Indonesia, sebuah platform digital yang menghubungkan brand dan influencer yang baru dilaunching bulan April lalu.

DSCF3939.JPG

Mba Alma selaku CEO Hiip Indonesia & co-founder BP Network

Sesi pertama diisi oleh mas arievrahman, seorang travel blogger yang sudah saya follow di twitter duluan sekitar tahun 2011, lalu mulai membaca blognya ketika saya membutuhkan informasi-informasi perihal travelling dalam & luar negeri. Mas ariev, membuka pertemuan dengan pemanasan..

“apakah kamu pembaca blog? mengapa kamu membaca blog?”

IYESSSS, saya pembaca blog dan saya seorang blogger coret yang dulu suka menulis apa saja yang saya temuin sehari-hari (jawab saya dalam hati).

“apabila kamu seorang blogger, kami terakhir kali kamu ngeblog?”

*DEG* *DEG* *DEG* pertanyaannya semacam menohok, tapi tetap saja jawab “2 hari yang lalu” dalam hati

20190820_230707.jpg

quotenya mengingatkan saya jaman masa-masa travelling yang penting tiketnya ada dulu, urusan yang lain belakangan :mrgreen:

Saya suka travelling, suka sekali.. bahkan memulai travelling sejak jaman SD, survei kecil-kecilan naik angkot dari rumah ke rumah nenek lalu beranjak dewasa dengan senyum sumringah kalo disuruh dinas ke tempat baru apalagi yang makanannya enak-enak, itulah beberapa postingan terakhir saya kebanyakan tentang travelling, pas lah dengan materi yag mas ariev bawakan pikir saya, yang pinginnya blog ini menjadi semacam blog travelling sampai akhirnya layar menampilkan..

konten

THIS!!..

*DEG* *DEG* *DEG* *DEG* *DEG* *DEG*… saya kok semacam ditoyor gini ya? gimana blognya mau jadi professional gini kalo ga K2 (konten & konsisten). Diambil dari pernyataan Bill Gates, Content is King, konten yang tepat akan mendatangkan banyak keuntungan di internet. Salah satu contohnya mungkin mba alodita yang terkenal dengan #RacunAlo nya yang berhasil menginfluencer banyak ibu-ibu dengan ‘racun’ seputar tips & trik dalam keseharian. Dan jangan lupa Consistensy is the key, latihan terus menerus akan menghasilkan konten yang berkualitas. Seperti mas ariev yang perlu 1- 2 tahun menulis konten travelling sehingga bisa dikenal seperti sekarang.

Sesi Kedua diisi oleh mba sinta karina, seorang penulis dan tentunya seorang blogger juga (akhir-akhir ini mba sinta lagi membahas tentang financial & lifestyle di blognya). Materi mba sitta mengenai Monetisasi Blog, yang mana dari blog kita bisa mendapat keuntungan finansial, tentu saja dengan blog yang berkualitas. Jujur sih, materi yang disampaikan mba sitta ini masih terdengar asing di telinga saya. Mba Sitta memulai dari cara membuat blog berkualitas (konten yang menarik, desain yang ciamik, sasaran pembaca dan blog yang up to date bisa membuat blog semakin berkualitas). Lalu berlanjut ke persiapan monetisasi blog ( blog terdaftar di google search console, aktif bersosial media dan storytelling yang menarik merupakan beberapa caranya untuk monetisasi blog).

DSCF4078.JPG

Mba Sitta menjelaskan bagaimana langkah-langkah monetisasi blog

Saya baru tahu kalau banyak cara untuk monetisasi blog seperti sponsored post, banner ads, jaringan iklan, program afiliasi, dan menjual produk/jasa (yang biasanya saya dengar hanya sponsored post & banner ads) πŸ˜† Saking asingnya, saya baru tahu kalo ternyata penting untuk membuat rate card dengan rincian pekerjaan , profile blogger beserta portofolio pekerjaan. Untungnya mba Sitta juga menjelaskan bagaimana pentingnya manajemen social media yang merupakan salah satu sumber traffic blog yang signifikan (bukan jadi ajang ngegosip saja ya buibuk hahahaha πŸ˜‰ ) dan kunci sukses untuk monetisasi blog, (walau pun personil branding itu membutuhkan waktu yang sedikit lama, tapi hasilnya akan sepadan dengan yang akan kita dapat nanti).

Apakah sampai disitu saja acaranya? tentu tidak, karena acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang kompetisi Instagram Post & Twitter Post ber-hastagΒ #hiipAcademyΒ selama acara berlangsung. Tentu saja saya tidak menang, karena saya sibuk dengerin 2 nara sumber denga topik yang menarik sehingga lupa menyentuh handphone *bisa aeeee lo… πŸ˜†

DSCF4162.JPG

foto para pemenang..

Btw, terima kasih Hiip Indonesia atas Hiip Academy #1 nya yang sangat berguna bagi saya. Setelah ini mungkin hari-hari saya ga hanya persoalan menghitung uang di excel, tapi juga mengunjungi situs bloggerperempuan yang didalamnya terdapat banyak artikel tentang kehidupan sehari-hari, mulai dari lifestyle, travelling, makanan (I LIKEEE), fashion sampai family dan juga pages shop (iyess, bisa belanja juga buibuk 😎 ) Sampai jumpa di Hiip Academy #2 yang akan datang.

PS: yang suka berbagi pengalaman tentang produk, layanan atau pun topik menarik lainnya bisa lho gabung hiip indonesia, cukup dengan menginstall aplikasinya di smartphone. credit foto by. Hiip Academy

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s