Travelling, nginap dimana?

Biasanya setelah tiket liburan ditangan, hal selanjutnya yang dilakukan adalah mencari penginapan. Entah itu dalam bentuk hotel yang fasilitasnya bagus, atau hostel yang harganya lumayan murah dari hotel atau apartemen yang fasilitasnya lengkap seperti di rumah atau bahkan nginap di rumah orang/kerabat/teman.

Trus, bedanya apa?

Hotel;

Hotel ada yang harganya murah, lumayan mahal sampai muahall. Semua tergantung fasilitas, lokasi, makanannya, kalo menginginkan hotel yang fasilitasnya enak & nyaman,Β  makanannya enak &Β  beragam, banyak. Tapi tentu saja dibarengi dengan harga yang cucokk pula. Enaknya hotel, privacy lebih terjaga, harganya pun rata-rata sudah included dengan sarapan (walopun sekarang ada yang ga include juga), cuman ya ituuu..nyari hotel yang murah, nyaman & fasilitas okeh harus agak extra sih nyarinya πŸ’‘

IMG_4008

waktu nginap disalah satu hotel di Solo

Hostel;

Beda tipislahh sama hotel, beda S doang (YAKALEEEEE πŸ˜† ) . Nginep di hostel umumnya harganya lebih murah, ini karena fasilitasnya pun berbeda. Ada yang kamar mandinya diluar, atau sekamar bisa nyampe 5 orang, semua fasilitas di kamar dipake bareng-bareng.

This slideshow requires JavaScript.

Saya pernah beberapa kali nginap di hostel yang murah tapi nyaman. SekamarΒ  berlima/berenam, bolehlah kamar mandi diluar, tempat penyimpanan cuman loker tapi dibuat senyaman mungkin oleh pemilik hostel dengan seluruh area hostel full wifi tanpa ngadat, kasur yang empuk, colokan & lampu baca disamping tempat tidur, kamar mandi yang bersih, dapat free toiletries, dan sarapan yang sehat ( susu, sereal, roti,telur) bahkan sekarang harganya ada yang mirip dengan hotel karena fasilitasnya ga jauh beda. Kalau saya, hostel itu enaknya dapurnya bisa 24 jam, ada microwave, kompor, bisa buat masak-masak tapi diluar ruangannya misah dari kamar. Kalo di Indonesia, sekarang udah banyak hostel yang murah tapi kamarnya sudah bagus seperti airy, oyo atau red planet.Β 

This slideshow requires JavaScript.

Apartemen;

Sekarang lagi rame nginep di apartemen, alasannya karena fasilitasnya bikin kita seperti di rumah, apalagi kalo travellingnya banyakan, bisa lebih hemat. Biasanya kalo nginep di apartemen karena bawa plincess pas travelling. Jadi kalo mau masak-masak lebih gampang karena ada dapur lengkap dengan alat masaknya, mau nyuci ada mesin cucinya, ruangannya pun lebih luas. Tapiiii, milih apartemen ini lebih extra nyarinya..karena disitusnya ga akan tercantum alamat lengkapnya kecuali kita japri langsung pemiliknya dan kita kudu lebih aktif nanya aturan-aturan kalo mau nginap disana ( iyess, kalo di airbnb ada aturan-aturannya, misal ga boleh ngerokok, ga cocok untuk anak bayi, check in biasanya lebih sore walaupun memungkinkan untuk early check in), harganya biasanya relatif sama dengan hotel sekitaran 500rb (untuk ukuran studio) sampai jutaan dan pembayarannya menggunakan kartu kredit.

This slideshow requires JavaScript.

Nginep di rumah teman/kerabat/orang lain.

Dulu jaman masih sekolah/kuliah saya seringnya nginep di kosan/rumah teman, dapat bonus diajak keliling kota lagi ( halloooo rije, arnis, niaa,riskaaa.. terima kasih karena sudah mau direpotin sama aku hehehe πŸ˜‰ ), tentu lebih enak karena ga ngeluarin duit ,Β cuman yaa kadang-kadang ga enakan juga sama teman. Dulu saya sempat gabung di komunitas bernama couch surfing, komunitas yang menyediakan tempat tinggal untuk traveller secara gratis (dengan beberapa syarat tentunya). Sayangnya saya ga available untuk mengakomodasi perihal tempat tinggal, biasanya cuman city tour aja ( bisa digugling sendiri yaa, sekarang komunitas couch surfing udah gede bangetttt)

Lalu, enakan nginap dimana dong kalo jalan-jalan? yah tergantung kebutuhan & tebel dompet .Kalo jalannya sendiri atau berdua dan pingin hemat, bisa nginep di hostel ( saya pernah dapat hostel harga 100rb/malam), kalo pingin yang nyaman, ga mau ribet dan bersedia bayar lebih nginep di hotel, kalo bawa bayi bisa nginep di hotel atau apartemen yang fasilitasnya seperti di rumah.Β 

So, Happy travelling,guys!Β πŸ˜€

Ps: untuk booking hotel atau hostel saya biasanya memilihΒ booking.comΒ (kalo belum punya akun, bisa daftar disini biar diskon 10%), karena biasanya harga di booking.com lebih sedikit murah dari tetangganya. Sedangkan untuk apartemen saya menggunakan airbnb, sebelum memesan apartemen, sebaiknya perhatikan review-review dari traveller sebelumnya yah.. Oh iya buat yang belum join Airbnb juga bisa langsungΒ  sign up aja dan dapatkan credit $32Β  dari sini Β *promosi dikit* :mrgreen:

 

One thought on “Travelling, nginap dimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s